30 May 2024, 11:23

Toyota Kembali Mendukung Pemerintah Indonesia Wujudkan Net Zero Emission dengan Hadirkan Solusi Mobilitas Zero Emission di Ajang World Water Forum2024

PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mencapai target Net Zero Emissions 2060 dengan menyediakan kendaraan elektrifikasi (xEV) jenis Battery Electric Vehicle (BEV) untuk digunakan oleh delegasi negara-negara dunia yang mengikuti perhelatan akbar World Water Forum (WWF) 2024 yang berlangsung di Bali, 18-20 Mei 2024. 

Total ada 130 unit Toyota bZ4X yang akan digunakan oleh para menteri dan delegasi negara peserta yang didukung oleh jaringan bengkel resmi Toyota untuk menjaga kondisi kendaraan selama forum dilaksanakan.

“Sebuah kehormatan bagi PT Toyota-Astra Motor (TAM) karena kembali dipercaya oleh Pemerintah Indonesia untuk menyediakan kendaraan elektrifikasi yang akan dipakai dalam acara kenegaraan skala internasional World Water Forum 2024,” terang Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

“Selain mendukung kelancaran dan kenyamanan mobilitas peserta konferensi, kehadiran Toyota BZ4X diharapkan akan menjadi simbol komitmen Indonesia dalam mengurangi polusi udara menuju era Carbon Neutrality pada 2060 mendatang serta menunjukkan keseriusan Toyota dalam menjalankan gerakan IT’S TIME FOR EVERYONE secara berkelanjutan,” lanjutnya.

Sebelum mendukung acara World Water Forum ke-10, xEV Toyota telah men-support berbagai acara skala internasional yang diadakan oleh Pemerintah Indonesia. Seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di bulan November 2022, KTT ASEAN yang berlangsung dua kali di tahun 2023, dan terakhir KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum di bulan Oktober 2023. 

Konsistensi ini menunjukkan dukungan penuh Toyota kepada Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan berkualitas mulai dari sekarang dan demi masa depan.

Pemilihan Toyota bZ4X merupakan bagian dari strategi dan refleksi pengalaman acara sebelumnya dimana BEV pertama Toyota global ini sanggup menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para delegasi tamu negara. 

Toyota bZ4X dibangun dari basis platform e-TNGA yang didedikasikan untuk BEV sehingga mampu memberikan pengalaman berkendara terbaik di jalan. Lithium-ion battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh dan jarak tempuh hingga 500 km tanpa polusi udara sejak baterai terisi penuh.

Di Indonesia, Toyota melaksanakan Multi Pathway Strategy untuk meningkatkan popularitas kendaraan elektrifikasi dan memperluas penggunaannya di masyarakat. 

Menjalankan inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota membuka peluang kepada semua kalangan untuk memilih cara paling memungkinkan dalam mencapai target zero emission yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan mobilitas pelanggan setiap hari.

PT TAM menghadirkan line-up lengkap kendaraan elektrifikasi, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV) yang akan terus bertambah seiring waktu. Termasuk melakukan riset kemungkinan menghadirkan xEV jenis Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) dengan emisi berupa air murni yang berarti juga nol emisi.

“Sejalan visi Mobility for All, kontribusi PT Toyota-Astra Motor (TAM) menuju netralitas karbon akan terus ditingkatkan dengan berbagai strategi. Mulai dari melengkapi opsi kendaraan elektrifikasi yang dapat menjangkau semua kalangan pelanggan, hingga memperkuat layanan after sales seperti menambah charging station BEV dan PHEV secara gratis di semua jaringan bengkel resmi Toyota dan tempat publik lainnya,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

“Harapannya dengan menggunakan xEV Toyota, partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan akan semakin tinggi dan siap menyongsong era bebas emisi karbon demi kehidupan generasi masa depan yang lebih baik,” tutupnya.