27 Nov 2023, 09:22

Dukung Program Netralitas Karbon, Toyota Waste Station Telah Berhasil Kumpulkan 77 Ton Sampah Anorganik

Toyota mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berkontribusi aktif dalam upaya netralitas karbon yang diwujudkan dengan meluncurkan kampanye “It’s Time for Everyone”. Lewat kampaye tersebut, Toyota ingin masyarakat mendukung program netralitas karbon sebagai upaya mencegah peningkatan risiko pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change). 

Dikutip dari Kompas.com, PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara aktif melakukan aksi pengurangan emisi karbon dan melakukan carbon offset dalam berbagai bentuk inisiatif sejak beberapa tahun terakhir. 

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, komitmen Pemerintah Indonesia melalui target NZE 2060 sejalan dengan target prinsipal Toyota yang diwujudkan melalui Toyota Environmental Challenge 2050 sebagai respons terhadap perubahan kondisi iklim. 

“Melalui gerakan It’s Time for Everyone, Toyota menyediakan akses bagi masyarakat untuk ikut berkontribusi dan bersama-sama mengurangi emisi karbon demi masa depan yang lebih hijau,” ujar Henry dilansir dari laman id.itstimeforeveryonemovement.co.id. 

Terdapat sejumlah upaya yang dilakukan oleh Toyota untuk mewujudkan netralitas karbon di Tanah Air. Salah satu upaya tersebut adalah berkolaborasi dengan perusahaan rintisan (startup) Rekosistem terkait pengadaan stasiun sampah atau waste station di berbagai tempat di Indonesia. 

Upaya ini telah dilakukan sejak Desember 2022. Sampah anorganik yang terkumpul melalui waste station akan diolah dengan prinsip 3R (reuse, reduce, recycle) bersama dengan tim Rekosistem. 

Berdasarkan data di laman id.itstimeforeveryonemovement.co.id, Rabu (22/11/2023) pukul 21.00, sebanyak 77.303,41 kg sampah telah terkumpul lewat waste station tersebut.

Saat ini sudah ada Toyota Waste Station Golf Indah di Pantai Indah Kapuk Jakarta, Toyota Waste Station Kamandaka di Kota Baru Parahyangan Bandung, Toyota Waste Station Radial Road Citraland di Surabaya, Toyota Waste Station Musem Angkut di Malang, Toyota Waste Station Politeknik Astra di Cikarang, dan Toyota Waste Station Taman Lalu Lintas di Bandung.

Selain pengadaan waste station, Toyota juga melakukan edukasi terkait carbon neutral awareness, carbon reduction, dan carbon offset. Edukasi tersebut diperlukan untuk mengajak lebih banyak masyarakat dalam berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi masa depan. 

Adapun bentuk edukasi yang telah Toyota lakukan adalah dengan mengadakan Carbon Neutral Workshop terkait isu global warming dan tantangan lingkungan di masa depan. Melalui kegiatan ini, Toyota menargetkan terciptanya lebih dari 100 agent of change pada 2023. 

Sebagai informasi, agenda netralitas karbon yang diupayakan Toyota merupakan dukungan kepada pemerintah yang berkomitmen untuk berkontribusi aktif terhadap upaya menangani perubahan iklim melalui Net Zero Emission (NZE) pada 2060.