30 May 2024, 11:22

All-New Yaris Cross Hybrid Raih Gelar Car of The Year Otomotif Award 2024, Bukti Kendaraan Hybrid Toyota Semakin Diminati Masyarakat

All-New Yaris Cross HEV (Hybrid Electric Vehicle) mencatatkan sejarah dengan dinobatkan sebagai Car of The Year ajang Otomotif Award 2024 yang dilaksanakan oleh Tabloid Otomotif di Senayan Park Jakarta, Selasa (21/5). 

Hadir sebagai pioneer kendaraan elektrifikasi (xEV) di B-Segment, All-New Yaris Cross Hybrid berhasil memikat masyarakat bermodalkan tampilan khas Cross-SUV perkotaan yang gagah dan stylish, kabin lapang yang modern dan nyaman, serta kualitas berkendara yang menyenangkan sebagai solusi mobilitas yang ramah lingkungan.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada mobility solution Toyota di ajang Otomotif Award 2024, terutama untuk All-New Yaris Cross Hybrid yang memperoleh gelar Car of The Year,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

“Kami juga berterima kasih atas loyalitas pelanggan Toyota di Indonesia yang telah mempercayai beragam solusi mobilitas kami dan menjadikannya pilihan utama saat ini. Semoga kepercayaan masyarakat dapat menjadi penyemangat kami untuk terus menghadirkan Mobility for All terutama kendaraan elektrifikasi Toyota yang semakin mendapatkan tempat di hati pelanggan berkat keandalannya di jalan Indonesia,” lanjutnya.

Gelar Car of The Year merupakan bentuk apresiasi dari salah satu media otomotif ternama Tabloid Otomotif sejalan penerimaan positif masyarakat terhadap andalan baru kendaraan elektrifikasi Toyota yang pada bulan Mei 2023 world premiere di Indonesia.

Dengan kandungan lokal 80%, All New Yaris Cross HEV memiliki value for money yang tinggi di mata pelanggan berkat harga yang kompetitif untuk sebuah kendaraan all-rounder yang canggih dan sanggup memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang ramah lingkungan tanpa mengubah kebiasaan mobilitas.

Dipilihnya All-New Yaris Cross Hybrid sebagai mobil terbaik versi Otomotif Award 2024 berdasarkan pengujian obyektif pada sejumlah faktor, seperti rasa berkendara, akomodasi, desain, kepraktisan, dan fitur. Desain yang sporty serta dukungan Teknologi Hybrid menjadikan All New Yaris Cross HEV unggul di berbagai faktor penilaian.

Selain gelar paling bergengsi Car of The Year 2024 yang didapatkan All-New Yaris Cross Hybrid, line-up Toyota lainnya yang turut mendapatkan reward sebagai yang terbaik di segmennya dari perhelatan Otomotif Award 2024 adalah:

- Crossover Hybrid                  : All-New Yaris Cross Hybrid

- Medium MPV Gasoline        : All-New Kijang Innova Zenix

- City Hatchback                      : All-New Agya GR Sport

- LCGC                                     : All New Agya 1.2

Bukti Hybrid EV Toyota Semakin Diminati Masyarakat

Gelar Car of The Year yang didapatkan All-New Yaris Cross Hybrid tahun ini mengikuti jejak HEV Toyota lainnya yakni All-New Kijang Innova Zenix HEV yang berhasil meraih penghargaan serupa tahun lalu. Apresiasi atas kendaraan hybrid Toyota ini tidak lepas dari manfaatnya yang langsung dirasakan oleh pelanggan dari hari ke hari.

Sesuai visi menghadirkan ever-better cars, PT TAM memasukkan teknologi elektrifikasi sebagai bagian dari Multi Pathway Strategy dalam berkontribusi menekan emisi karbon.

All-New Yaris Cross HEV dilengkapi hybrid powertrain 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 121 Nm pada mesin bensin serta motor listrik bertenaga 59 kW dan torsi 141 Nm. Didukung dengan dua mesin tersebut, dihasilkan mobil yang lebih bertenaga dan juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih powerful.

Selain itu, mesin bensin dan motor listrik ini dikendalikan secara optimal oleh Toyota Hybrid System (THS) agar dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar maksimal hingga 31 km/liter untuk model ini, berdasarkan hasil pengetesan pihak eksternal. 

Kehematan ini didapatkan dari penggunaan baterai hybrid dengan kapasitas besar bersama motor listrik yang powerful dan efisien sehingga lebih banyak beroperasi dan mengurangi pemakaian mesin bensin. Sistem self-charging baterai hybrid yang efektif dan efisien juga membuat daya listrik selalu tersedia untuk menggerakkan motor listrik.

Dampak positif berikutnya, emisi sangat rendah karena motor listrik lebih dominan, khususnya di jalan perkotaan dengan situasi stop and go yang tinggi. 

Adanya EV Mode membuat pengemudi dapat memanfaatkan sepenuhnya keunggulan mobil listrik yang tanpa emisi dan tidak butuh bahan bakar dengan range yang cukup jauh sesuai kapasitas baterai. EV Mode juga memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasakan keunikan sebuah kendaraan listrik murni yang senyap dan responsif.

Masyarakat semakin paham pula ternyata urusan perawatan mobil hybrid Toyota terbilang mudah dan nyaman. Customer tidak perlu repot merawat baterai hybrid dan motor listrik supaya dalam kondisi prima karena bengkel resmi Toyota akan melakukannya saat servis berkala. 

Seluruh jaringan bengkel resmi Toyota telah dilengkapi fasilitas lengkap dan modern berstandar Toyota global sehingga pelanggan dapat merawat dan memperbaikinya dimana saja. Semakin memberikan peace of mind, biaya kepemilikan terhitung rendah karena tidak diperlukan perawatan tambahan yang membebani kantong. 

Sebagai komitmen Toyota untuk membuktikan performa dan daya tahan baterai hybrid, tersedia warranty untuk baterai hingga 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Resale value yang stabil juga menjadi salah satu alasan customer memilih mobil hybrid.

“Bermodalkan value for money yang tinggi, Hybrid EV Toyota begitu diminati masyarakat yang merasa puas atas kinerjanya. Kendaraan elektrifikasi ini sanggup memberikan biaya kepemilikan yang dapat diterima, serta memiliki resale value tinggi yang membuat pelanggan tidak ragu untuk memilikinya,” jelas Henry Tanoto lagi.

“Sesuai visi menghadirkan Mobility for All, akan lebih banyak kendaraan elektrifikasi Toyota utamanya HEV yang paling relevan saat ini, ke dalam line-up ever better cars kami di Indonesia. Terima kasih atas support semua pihak yang berkontribusi dalam menghadirkan All-New Yaris Cross Hybrid dan xEV Toyota lainnya sehingga mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat,” tutupnya.